PROGRAM STUDI

D3 TEKNIK KOMPUTER

PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KOMPUTER

Program studi ini mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan hardware dan software komputer secara utuh dengan didukung kemampuan soft skill yang terstruktur dan andal, yang kini menjadi tren dan mendesak di kalangan industri dan dunia usaha. Lulusan program ini disiapkan untuk memiliki penguasaan perangkat lunak dan perangkat keras komputer, sehingga memahami komputer secara utuh dan lengkap; dapat merencanakan, mengidentifikasi, menganalisa, mendesain, mengembangkan, mengelola, dan menawarkan solusi dalam bidang teknologi komputer.

VISI :

MENJADI PROGRAM STUDI VOKASI UNGGULAN YANG BERORIENTASI PADA BIDANG JARINGAN  DAN APLIKASI SISTEM KOMPUTER SERTA MAMPU MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI KOLABORASI DENGAN SEKTOR INDUSTRI DAN WIRAUSAHA

MISI :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada dibidang  Teknik Komputer untuk menghasilkan tenaga ahli yang unggul, mandiri, dan berjiwa enterprenuer serta dapat diserap oleh industri.
  2. Melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi dengan menghasilkan produk terapan dibidang Teknik Komputer.
  3. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai lembaga dan institusi tingkat Regional, Nasional dan Internasional.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI :

  1. Menghasilkan lulusan professional, berjiwa wirausaha dan memiliki kompetensi sesuai dengan standar nasional dibidang aplikasi sistem komputer dan administrasi jaringan komputer.
  2. Menghasilkan produk inovatif dan berkualitas dalam bidang aplikasi sistem komputer, komputer kendali dan jaringan komputer, dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, pembelajaran, serta bagi masyarakat Indonesia.
  3. Menghasilkan kerjasama dengan industri dan instansi dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal.

 

SASARAN MUTU :

 

1. Bidang Pendidikan

  • Menghasilkan Ahli Madya Teknik Komputer dengan IPK rata-rata 3.0 dan masa studi rata-rata 3.5 tahun sebanyak 80%
  • Peningkatan jenjang kepangkatan dan sertifikasi pendidik sebesar 80%
  • Meningkatkan kompetensi dosen melalui penelitian dan pengabdian masyarakat

2. Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

  • Menghasilkan minimal 2 penelitian yang dipublikasikan setiap tahunnya bagi setiap dosen
  • Setiap dosen minimal melakukan 1 kegiatan pengabdian masyarakat
  • Sebanyak 70% mahasiswa terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat

3. Bidang Kerjasama

  • Menambah jumlah kerjasama dengan mitra industri sebanyak 60%
  • Meningkatkan jumlah kerjasama dengan mitra instansi pemerintah sebanyak 60%

 

A. Profil Lulusan Program Studi Teknik Komputer

Salah satu tahapan dalam menyusun profil lulusan adalah dengan tracer study dengan tujuan untuk mengidentifikasi bidang kerja dan kinerja lulusan di dunia kerja. Secara umum profil lulusan Program Studi Teknik Komputer adalah sebagai berikut:

NO

Profil Lulusan

Desksipsi Lulusan

1

Ahli dibidang aplikasi sistem komputer

 

Mengimplementasikan representasi data didalam pembuatan aplikasi komputer berbasis website maupun mobile, serta lulusan dibekali kemampuan merencanakan,  mendesain dan  mengimplementasikan aplikasi komputer yang bertujuan khusus (special purpose) dan bekerja pada lingkungan real-time.

Profil lulusan ini dibekali juga dengan pemahaman terkait dengan sistem kritis (fault tolerant system) untuk meningkatkan kehandalan dari sistem yang dibangun;

2

Ahli dibidang administrator database

Administrator yang merencanakan, merancang, mengimplementasikan, memantau, dan memelihara server basis data dalam suatu organisasi;

3

Ahli dibidang jaringan komputer

Perancang struktur jaringan komputer, baik LAN maupun WAN serta penerapannya, analisis jaringan komputer, jenis protokol, dan antarmuka jaringan, merancang pengalokasian alamat jaringan, dan merancang jaringan yang terdiri atas vlan, bridge, router, dan kombinasi router dengan vlan;

Ahli dalam pengimplementasian arsitektur dan protocol jaringan komputer, baik untuk skala perumahan, SOHO maupun korporat/enterprise serta memberikan pengetahuan tentang perancangan jaringan dan manajemen jaringan komputer yang baik dan benar pada internetworknya;

4

Ahli dibidang sistem tertanam dan IoT

Perancangan dan pengembangan sistem komputer dengan sumber daya terbatas, bertujuan khusus, tanpa atau terhubung jaringan, safety-critical, fault-tolerant, dan bekerja pada lingkungan real-time yang meliputi pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras serta intergrasinya;

 

Perancang dan pengembang sistem pervasive dan ubiquitous yang dapat melakukan akusisi data lingkungan melalui sensor, melakukan pemrosesan dengan sumber daya terbatas, dan mengirimkan datanya melalui antarmuka komunikasi, baik dengan kabel atau nirkabel, menggunakan protokol IoT

5

Ahli dibidang wirausaha berbasis digital

Profil lulusan program studi Teknik Komputer memiliki kemampuan dalam memiliki usaha dibidang teknologi, dibekali dengan matakuliah Technopreuneur

 

B. Kompetensi/Capaian Lulusan

Kompetensi lulusan program studi D3 Teknik Komputer terdiri atas:

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN:

  1. Mampu merancang dan membangun aplikasi perangkat bergerak yang berjalan di atas platform yang berbeda (website dan mobile) berdasarkan prinsi-prinsip rekayaya perangkat lunak
  2. Mampu merancang dan membangun sistem tertanam dalam skala kecil sesuai dengan kebutuhan pengguna
  3. Mampu merancang dan membangun jaringan baik LAN maupun WAN sesuai dengan kebutuhan pengguna
  4. Mampu secara inovatif dan kreatif memanfaatkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang teknik komputer untuk berwirausaha.

 

KOMPETENSI PENDUKUNG:

  1. Active Listening – Mendengarkan apa yang diucapkan orang, menyediakan waktu untuk berpikir sehingga dapat memahami dengan benar poin dari suatu pernyataan, bertanya secara tepat momen, dan tidak menginterupsi pembicaraan orang secara sembarang.
  2. Mampu mempresentasikan hasil produk atau pekerjaan kepada stakeholder
  3. Mampu mendokumentasikan hasil rancangan atau desain produk berdasarkan standar dokumentasi tertentu
  4. Mampu membangun sistem aplikasi yang didukung dengan kecerdasan buatan
  5. Mampu mendesain produk secara digital menggunakan aplikasi desain seperti Potoshop, Canva atau CorelDraw untuk mendukung UI/UX aplikasi

 

KOMPETENSI LAINNYA

  1. Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang TIK
  2. Softskill (Team Building, Presentation Skills, Leadership,Teknik Negosiasi, Manajemen Perubahan dan Conflict Resolution)  

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil rapat tim kurikulum Program Studi Teknik Komputer Politeknik Sukabumi dan mengacu pada capaian pembelajaran yang ditentukan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM), dirumuskan 4 capaian pembelajaran lulusan, yaitu pencapaian pembelajaran sikap, Penguasaan Pengetahuan, Kemampuan Khusus dan Kemampuan Umum. Capaian pembelajaran ini berikut kodenya diberikan pada tabel berikut:

 

Kode

Capaian Pembelajaran

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius.

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

S3

Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

S4

Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

S5

Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6

Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

TABEL 1 Capaian Pembelajaran Sikap

 

Kode

Capaian Pembelajaran

P1

Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear untuk menyelesaikan masalah elektronika dan informatika

P2

Menggunakan teori dan konsep ilmu alamiah dasar (fisik dan kimia) terutama tentang mekanikadan kelis- trikan untuk mendukung perancangan elektronika

P3

Memiliki pengetahuan untuk menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data

P4

Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaat- kannya untuk meningkatkan kinerja komputer

P5

Memiliki pengetahuan untuk mengidentifikasi perbedaan arsitektur dan organisasi komputer serta mampu memilih arsitektur untuk mendukung komputasi kinerja tinggi

P6

Memiliki pengetahuan untuk menerapkan konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu menerapkan beberapa solusi serta beberapa model bahasa pemrograman

P7

Memiliki pengetahuan untuk menerapkan konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.

P8

Menjelaskan karakteristik lingkungan hard real time dan soft real time serta mampu mengidentifikasi keterbatasan dan dampaknya dalam mengelola sumber daya komputer.

P9

Mengaplikasikan teori dan konsep elektronika untuk membuat perangkat dasar elektronika

P10

Memiliki pengetahuan terkait teori dan konsep untuk merancang, membuat dan menguji, perangkat sistem digital

P11

Memiliki pengetahuan terkait teori dan konsep sistem tertanam (embedded systems) untuk merancang dan mengem- bangkan serta mengoptimalkan sistem tertanam terma- suk perangkat lunaknya.

P12

Menguasai  konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform

P13

Memiliki pengetahuan untuk menerapkan prinsip dasar sistem jaringan komputer untuk memilih topologi dan protokol jaringan yang sesuai.

TABEL 2 Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

 

Kode

Capaian Pembelajaran

KU1

mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;

KU2

mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;

KU3

mampu menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

KU4

mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

KU5

mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya;

KU6

mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

KU7

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; dan

KU8

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

TABEL 3 Capaian Pembelajaran Kemampuan Umum

 

Kode

Capaian Pembelajaran

KK1

Mampu merancang dan membangun perangkat keras dan lunak (embedded system) skala kecil sesuai kebutuhan pengguna;

KK2

Mampu mendesain sistem Internet Of Things meliputi pemilihan komponen perangkat keras, protokol komunikasi dan platform cloud;

KK3

Mampu menghubungkan perangkat IoT ke platform berbasis cloud yang  memungkinkan penyimpana data, analisis dan manajemen perangkat jarak jauh

KK4

Mampu mendesain, membangun, menginstalasi dan memelihara jaringan komputer untuk kategori LAN, WAN, intranet ataupun internet;

KK5

Mampu mengelola administrasi jaringan

KK6

Mampu membangun dan memelihara layanan cloud computing dengan menggunakan layanan open source;

KK7

Mampu melakukan konfigurasi ulang dan mengelola infrastruktur jaringan komputer untuk mendapatkan kinerja jaringan yang optimal.

KK8

Mampu melakukan transformasi model atau diagram alir pemecahan masalah menjadi algoritma terinci dari program dalam bahasa pemrograman yang dikuasai, dengan mengutamakan kejelasan/keteraturan algoritma dan efisiensi komputasi;

KK9

Mampu membangun aplikasi perangkat bergerak yang berjalan di atas platform berbeda (multiplatform mobile application) berdasarkan prinsip prinsip rekayasa perangkat lunak, dengan memanfaatkan sensor dan multimedia sehingga menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif;

KK10

Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan bidang robotika dan sistem tertanam

KK11

Mampu merancang, mengelola dan memelihara basis data yang memenuhi kebutuhan dan persyaratan yang ditetapkan;

KK12

Mampu mendokumentasikan proses pengembangan perangkat lunak /perangkat keras menggunakan standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

KK13

Mampu menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representa- si pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

KK14

Mampu melakukan komunikasi teknikal secara tertulis dan oral, terutama pada diseminasi informasi teknis yang terkait dengan teknologi komputasi dan penerapannya;

KK15

Mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi

 

TABEL 4 Capaian Pembelajaran Kemampuan Khusus

AKTIVITAS AKADEMIK :

Program D3 Teknik Komputer memiliki mata kuliah-mata kuliah yang khas dalam bidang hardware, software, dan soft skills. Proses pembelajaran didukung dengan adanya laboratorium-laboratorium yang sangat lengkap untuk menunjang proses pemahaman praktik. Perkuliahan on labs memungkinkan mahasiswa untuk bisa langsung praktik sehingga menghemat waktu untuk memahami pelajaran.

Mahasiswa mendapatkan pendidikan soft skills sebagai pengembangan kepribadian pada setiap semester, sehingga memiliki kemampuan profesional yang sangat dibutuhkan di dunia industri dan bisnis. Mahasiswa diarahkan untuk memiliki kompetensi utama dalam bidang computer automation system, system network engineering & security, dan programming & multimedia.

MASA DEPAN DAN KARIR

Lulusan di bidang Teknik Komputer diperlukan di berbagai bidang pekerjaan, mulai dari perusahaan berbasis teknologi, hingga perusahaan jasa dan industri perdagangan. Lulusan program ini dapat berkarier sebagai/dalam bidang:

  • Computer Network Engineer
  • Computer Hardware Engineer
  • Computer Software Engineer
  • Computer Database Engineer
  • Website Master / Design Engineer
  • Computer Factory Engineer
  • System Analyst
  • Programmer
  • Consultant
  • Microprocessor Developer Engineer
  • Computer Control Engineer
  • Robotic Engineer
  • Multimedia Engineer

Contact Info

Hubungi Kami :

Jln. Babakan Sirna No. 25 Sukabumi, Jawa Barat

direktorat@polteksmi.ac.id
+62266 215417

tekom@polteksmi.ac.id
+6285722481248

Senin – Sabtu 09:00 – 16:00

Social Info

error code: 522