Berita Mahasiswa Politeknik Sukabumi Belajar Table Manner

  • Home
  • Berita
  • Mahasiswa Politeknik Sukabumi Belajar Table Manner
Mahasiswa Politeknik Sukabumi Belajar Table Manner
Oleh Administrator # Politeknik, Administrasi Bisnis, Table Manner | February, 14 2017 12 Comments

SUKABUMI – Guna memberikan pemahaman tentang etika jamuan resmi, sejumlah mahasiswa Fakultas Administrasi Bisnis Polteknik Sukabumi mengadakan pelatihan Table Manner di Hotel Maxone, Sabtu (28/11). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu tugas semester akhir dalam mata kuliah sekretaris.

Kepala Jurusan (Kajur) Administrasi Bisnis Politeknik Sukabumi Arief Rirman, mengatakan kegiatan ini merupakan kali pertama yang diadakan oleh fakultasnya, tujuannya untuk mendidik mahasiswa jadi terampil, kompetan dan profesional di bidang kesekretariatan, apalagi table manner sangat penting diketahui dan dipahami oleh para mahasiswanya. Lanjut ia menambahkan table manner ialah tata cara makan dan minum yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan dan kelaziman yang berlaku internasional. Untuk itu, pihak kampus sengaja mengundang beberapa instansi untuk mengajarkan table manner tersebut.

“Praktik ini sangat penting untuk mahasiswa kami, karena setelah mereka lulus nanti mereka bekerja di sebuah perusahaan mereka mengetahui tata cara etika yang benar saat makan di acara jamuan resmi,” Ujarnya

Menurutnya, mata kuliah table manner menyampaikan bahwa tujuan dari agenda yang diikuti para mahasiswa semester 5 ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang apa, bagaimana, dan berbagai hal yang perlu diketahui tentang table manner. “Kita ingin, saat mahasiswa belajar praktik table manner ini para mahasiswa bisa mengikuti aturan-aturan sosial tentang aturan makan dalam situasi formal,” tuturnya. Dikatakan Arief, rencananya pelatihan table manner di Hotel Maxone ini akan terus berlanjut hingga lima tahun ke depan.

“Ini yang pertama, dan tadi kita sudah menandatangani MoU dengan pihak hotel,” ujarnya. Agar mahasiswa lebih memahami tentang table manner, pembicara sekaligus yang memberikan praktik langsung pun dilakukan oleh pihak managemen hotel. Salah satunya oleh General Manager Hotel Maxone, Budi Syaiful.

Selain mengadakan pelatihan table manner, para mahasiswa pun diberi kesempatan berkeliling Hotel Maxone. Sementara itu, Senior Sales Executive Budi Nugraha yang juga hadir dalam pelatihan tersebut, menjelaskan materi pelatihan yang diberikan oleh pihaknya kepada para mahasiswa tersebut yaitu tentang manfaat perjamuan, tipe pelayanan, etika berbusana, menu yang disediakan, alat hidangan, serta hal-hal tabu yang dilakukan.

“Materi yang disampaikan berupa macam-macam makanan, karena biasanya pada saat jamuan resmi itu kan ada makanan pembuka, inti, dan penutup. Tidak hanya itu tentang tata cara makan, menggunakan sendok pun kita ajarkan di sini,” terangnya.

Menurutnya, memberikan pelatihan kepada mahasiswa tidak terlalu sulit, sebelumnya pihak Maxone pun diberi kepercayaan oleh Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Sukabumi untuk memberikan pelatihan table manner kepada siswanya.

“Sebelumnya kita juga sudah pernah melatih, tetapi dari sekolah-sekolah memang kita baru pertama mengadakan, dan ini permintaan langsung dari pihak kampus,” ujarnya. Dikatakan Budi, setiap negara memiliki budaya jamuan resmi yang berbeda serta memiliki aturan yang berbeda table manner dan itu adalah hal yang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, belajar table manner artinya kita juga harus belajar tentang aturan dan budaya dari negara lain. (wdy/d)

http://radarsukabumi.com/kotasukabumi/2015/11/30/mahasiswa-politeknik-belajar-table-manner/

Berita Populer

Kerjasama Politeknik - SEAMOLEC
14 February 2017, 15:16:14
Gambarkan Keindahan Wisata Alam
14 February 2017, 15:16:25

Pengumuman Terbaru

Pendaftaran Mahasiswa Baru Online
Untuk Calon Mahasiswa yang akan mendaftar di Politeknik Sukabumi, tidak perlu datang langsung ke Kam...
17 February 2017, 17:41:46
Hasil Seleksi Gelombang 3
Pengumuman Hasil Kelulusan Seleksi Gelombang 3, Registrasi Ulang Mulai Tgl 19-21 September 2016,...
14 February 2017, 15:46:16